Wednesday, July 25, 2012

Tips Melatih Pengucapan Bahasa Inggris

Pronounciation atau biasa kita kenal dengan pengucapan merupakan hal yang sangat penting menurut gue di dalam belajar suatu bahasa terutama bahasa inggris. "kenapa?" karena salah cara pengucapan maka akan salah juga artinya. contoh nya dulu waktu gue ngobrol sama temen satu organisasi dan dia merupakan bule asli dari amerika dan kita juga ngobrol ngolor ngidul sampe akhirnya gue menayakan tentang cuaca disana gimana. dan lo tau dia jawab apa? dia ngejawab "ohh pelayan disana seperti ini..bla..bla..bla.." didalam hati gue pun heran kenapa jawabnya tentang pelayan? gue nanya cuaca ._. kenapa bisa demikian? karena saat itu dia salah nangkap pronounciation gue. cuaca dalam bahasa inggris nya "weather" dan pelayan bahasa inggris nya "waiter". dan setelah itu gue melakukan klarifikasi sama si bule, kalo maksud gue tadi gue nanya tentang cuaca, haha.

contoh di atas merupakan salah satu dampak dari pronounciation yang pas-pasan :D

Selain itu gunanya pronounciation apa sih? emang sepenting itu?

"gue udah jago grammer, vocab juga udah banyak banget yang gue hafal." Yup! mungkin udah banyak banget orang yang jago bahasa inggris nya, bahkan mungkin score TOEFL nya udah tinggi banget, dan ngomong bahasa inggris nya juga udah kayak air mengalir dari timba tetangga, tapi yang membedakan orang satu dengan orang yang lainnya apanya? yaitu pronounciation nya! ya, seseorang dengan pronounciation yang bagus yang bisa kita katakan hampir sama dengan native speaker itu ada nilai plus nya(+). karena ga semua orang bisa punya pronounciation yang seperti itu. dan juga dengan pronounciation yang bagus dan hampir mirip dengna native speaker itu bakal membuat bahasa inggris lo menjadi Elegan.

Gue juga punya cerita waktu gue ngomong bahasa inggris sama temen gue, dan dia langsung bilang "gila jago banget lo ngomong bahasa inggris, gue ga ngerti udah kayak bule aja". padahal temen gue ga tau kalo banyak grammer yang salah dan ngaco tadi pas ngobrol. tapi dia langsung menjudgue sedemikian rupa kenapa? itu karena pronounciation yang membuat bahasa inggris gue menjadi elegan dan terlihat seperti bule yang bicara.

Nah, didalam belajar pronounciation ada beberapa tips nya nih menurut gue, nih tips yang uda sering gue praktekin. disimak baik-baik :D

Sering Dengerin Bahasa Inggris
Maksud nya adalah lo harus sering-sering dengerin bahasa inggris baik itu melalui Audio, Video ataupun lain-lainnya. "kenapa bisa ngefek?" oke jadi gini, pernah ga kalian ngeliat atau ngerasain jika ada satu orang yang dulunya misalnya orang medan terus dia pindah ke jawa dan dalam beberapa waktu logat nya udah kayak orang jawa. see? kenapa bisa begitu? itu karena pengaruh lingkungan. jadi maksud gue disini lo jadiin bahasa inggris itu menjadi lingkungan sekitar lo. yaitu dengan dengerin audio atau video bahasa inggris setiap hari, biasanya gue dengerin radio online atau nonton video di youtube atau dengerin audiobook. "kalo ga ngerti gimana?" nah itu dia, walaupun lo ga ngerti tetep aja denger! emang pertama-pertama nya lo ga ngerti tapi lama-lama pasti otak lo jadi terlatih untuk dapat mengerti apa yang mereka bicarakan. dengan seiring lo dengerin bahasa inggris pronounciation lo akan otomatis terbentuk sendiri karena seperti konsep yang gue sebutin tadi kayak orang pindah tempat.

Banyak Membaca
ini adalah salah satu tips untuk ngelatih cara pengucapan bahasa inggris, coba lo biasain baca teks bahasa inggris tapi harus ada suara ya bacanya jangan dalam hati, coba lo bayangin lo itu seakan-akan bule asli yang sedang lagi baca teks. dari situ lo akan terlatih untuk mengucapkan kata-kata bahasa inggris.

Jadi Orang Gila
haha ini judul nya agak ekstrem, tapi percaya sama gue ini cuma judul aja. "maksudnya apa nih?" seperti pepatah bilang practice makes perfect. yaitu ngomong bahasa inggris sebanyak mungkin dan sebisa mungkin, misal nya lo lagi ngendarain motor ya selama di perjalanan coba aja ngomong bahasa inggris sama diri sendiri. ya mungkin keliatannya agak gila kalo di liat orang, tapi itulah yang gue lakuin. dan coba ngomong di depan kaca layaknya lo lagi presentasi didepan ribuan orang menggunakan bahasa inggris.

Yup, segitu dulu tips dari gue ntar kalo ada update tips-tips bahasa inggris lainnya bakal gue post di blog ini. semoga bermanfaat.

Share

Related Post

 

Featured Slider

Followers

Irfan Gallery Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template